Kamis, 20 November 2008

SHALAT MAGHRIB

Adzan & Do’a setelah Adzan
2 Raka’at Sunnat, Setelah salam, Allaahumma sholli alaa Sayidina Muhammad wa alaa aali Sayyidina Muhammad, Berkah dan kedamaian kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad

Iqomat : Iqamatush Shalat, panggilan shalat yang kedua (menandakan awal dimulainya shalat)

3 Raka’at Fardhu, Setelah salam, laa ilaaha illallaah, Tidak ada Tuhan selain Allah
Muhammad adalah utusan Allah (lalu dengan suara pelan, Berkah Allah dan kedamaian baginya) (3 kali), Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung, Yang tiada Tuhan kecuali Dia, Yang Maha Hidup, Yang Mandiri, dan aku bertaubat kepada-Nya (3 kali)
Ya Allah, Engkaulah sumber kedamaian, dan dari pada-Mu-lah datangnya kedamaian itu semua. Maha Pemberi Berkah dan Maha Tinggilah Engkau wahai Tuhan yang punya Kebesaran dan Kemuliaan. Tiada Tuhan selain Allah, tidak ada yang menyekutui-Nya. Bagi-Nya segala kerajaan dan segala puji, yang menghidupkan dan yang mematikan, dan Allah berkuasa atas segala sesuatu. Kami dengar dan kami patuh. Ampunilah kami, Ya Allah, kepada-Mu-lah kami akan kembali

2 Raka’at Sunnat Ba'diah Magrib
Setelah salam, Shalawat kepada Rasulullah . Aku mohon ampun kepada Allah, Mahasuci Allah, Segala puji bagi Allah, dan Tiada Tuhan selain Allah, dan Allah Maha Besar, dan tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha Luhur lagi Maha Agung.
Aku berlindung kepada Allah dari godaan Setan yang terkutuk. Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Tuhanmu adalah Tuhan Yang Maha Esa. Tidak ada Tuhan selain Dia Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang (QS 2:163)
Ayatul Kursi : Allah, tidak ada Tuhan melainkan Dia, Yang Hidup Kekal lagi Berdiri Sendiri. Dia tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Siapakah yang dapt memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya? Dia mengetahui apa-apa yang ada di hadapan mereka dan apa-apa yang ada di belakang mereka dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah, melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi (kekuasaan)-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak berat memelihara keduanya, dan Dia Maha Tinggi lagi Maha Besar (QS 2:255)

Tasbih :
Subhanallah , Mahasuci Engkau, Wahai Yang Maha Agung, Mahasuci Allah (33 kali)
Atas nikmat Islam dan kemuliaan Iman, selalu
Alhamdulillah, Segala puji bagi Allah (33 kali)
Mahatinggi Kebesaran-Nya, dan tiada Tuhan selain Allah
AAAllahu Akbar , Allah Mahabesar (33 kali)

Allah Maha Besar, dengan segala Kebesaran-Nya. Segala puji bagi Allah dengan pujian-Nya yang tak terhingga. Maha Suci Allah di awal dan di akhir. Tiada Tuhan selain Allah, tidak ada yang menyekutui-Nya. Bagi-Nya segala kerajaan dan segala puji, yang menghidupkan dan yang mematikan, dan Allah berkuasa atas segala sesuatu
Mahasuci Tuhanku yang Mahatinggi, Utama, dan Maha Pemberi

Do’a (pribadi, bebas) :
Rabbighfirli (ampunilah dosaku)
Warhamni (berilah aku rahmat)
Watub’alayya (terimalah tobatku)

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang
Segala Puji bagi Allah, Tuhan semesta alam,Dengan pujian yang sebanding dengan nikmat-Nya dan Yang menambahkan-Nya. Wahai Tuhan kami! Hanya bagimu segala puji sebagaimana pujian ini hanya layak untuk-Mu dan karena kemegahan Kesultanan-Mu. Ya Allah! Limpahkanlah Rahmat dan Kedamaian bagi junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarganya.

Ya Allah, Wahai Tuhan kami! Terimalah shalat kami, puasa kami, ruku’ kami, sujud kami, duduk kami, hidup kami dan pengabdian kami serta sempurnakanlah hal-hal yang kurang dalam diri kami, Ya Allah, Tuhan semesta alam. Wahai Tuhan kami! Sungguh kami telah menganiaya diri kami sendiri dan jika Engkau tidak memberi ampunan kepada kami, maka sungguh kami termasuk orang-orang yang merugi.

Wahai Tuhan kami! Janganlah Engkau hukum kami, jika kami lupa atau kami bersalah.
Wahai Tuhan kami! Janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami pikul. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah penolong kami, tolonglah kami dari orang-orang yang kafir.

Wahai Tuhan kami! Janganlah Engkau goyahkan hati kami setelah Engkau beri petunjuk dan berilah kami rahmat dari sisi-Mu. Wahai Tuhan kami! Ampunilah segala dosa kami, dosa kedua orang tua kami, dosa kaum Muslimin dan Muslimat, Mukminin dan Mukminat demikian pula mereka yang masih hidup dan yang telah meninggal, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi.

Wahai Tuhan kami! Berilah kami kebahagiaan di dunia dan akhirat dan hindarkanlah kami dari siksa api neraka. Ya Allah! Ampunilah dosa-dosa kami dan hapuskanlah setiap kesalahan kami, dan wafatkanlah kami bersama orang-orang yang berbakti. Maha Suci Engkau, Tuhan yang bersih dari sifat yang diberikan oleh orang-orang kafir. Semoga kedamaian tetap dilimpahkan kepada para Utusan-Nya, dan segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.
Al Faatihah

Shalat Jenazah :

Oleh sebab itu bersegeralah, Wahai orang-orang yang pandai, sesungguhnya kita adalah kepunyaan Allah dan sesungguhnya kepada-Nya kita akan kembali. Ini adalah shalat jenazah untuk orang-orang yang ghaib yang telah kembali kepada Rahmatullah dari ummat Muhammad .

Takbir I- Allah Maha Besar!
Mahasuci dan segala puji bagi-Mu, Ya Allah dan Megah Nama-Mu dan Tinggi Keagungan-Mu, pujian yang luhur dan tiada Tuhan selain Engkau.

Takbir II-Allah Maha Besar!
Ya Allah berikanlah Shalawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana Engkau telah memberikan shalawat kepada keluarga Ibarahim, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung. Ya Allah berkahilah Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana Engkau telah memberkahi keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.

Takbir III- Allah Maha Besar!
Ya Allah, Ampunilah orang-orang yang masih hidup di antara kami dan yang telah meninggal, mereka yang hadir di antara kami dan yang tidak, yang masih muda dan yang sudah tua, pria dan wanita kami. Ya Allah, kepada kami yang diberi karunia hidup, hidupkanlah kami dalam Islam dan bagi mereka yang telah meninggal, wafatkanlah mereka dalam Iman. Ya Allah ampuni dosa mereka, rahmatilah mereka, dan jadikan surga sebagai tempat kembali mereka dan janganlah engkau haramkan pahala mereka untuk kami dan jangan engkau buat fitnah di kalangan kami setelah kematian mereka.

Takbir IV- Allah Maha Besar!
Wahai jiwa yang tenang dan tentram. Kembalilah kepada Tuhanmu—dengan hati yang senang dan diridhai. Masuklah dalam hamba-hamba-Ku! Masuklah ke dalam Surga-Ku!

Do’a (dalam posisi berdiri)
Ya Allah, ampunilah orang yang masih hidup di antara kami dan rahmatilah orang yang telah mati di antara kami, dan sembuhkanlah orang-orang yang sedang menderita penyakit demi kehormatan Rasulullah yang Engkau utus sebagai rahmat untuk seluruh alam, Al Fatihah

Shalat Sunnat Awwabin (6 rakaat, 2-2-2)
Dibaca setiap selesai salam,
Ya Allah! Jadikanlah kami ini orang-orang yang senantiasa bertaut kembali kepada fitrah dan kejernihannya. Jadikanlah kami ini orang-orang yang selalu mensucikan diri kembali setiap terjerumus ke dalam dosa-dosa di kehidupan. Jadikanlah kami ini orang-orang yang semakin layak untuk menghuni Surga-Mu yang penuh kenikmatan, demi kehormatan Rasulullah yang Engkau utus sebagai rahmat untuk seluruh alam

Aku bersaksi bahwa Tidak ada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan Allah (lalu dengan suara pelan, Berkah Allah dan kedamaian baginya) (3 kali). Aku memohon ampun kepada Allah (100 kali). Aku memohon ampun kepada Allah yang Mahaagung, dari semua dosa, maksiat dan dari semua kesalahan dalam Islam, Wahai Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang

Surat Sajdah (QS 32)

Dimulai dengan membaca ta’awwudz: Aku berlindung kepada Allah dari godaan Setan yang terkutuk, lalu basmalah, Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, lalu membaca al-Fatiha dan Surat Sajdah itu sendiri.
Atau Surat al-Hasyir (QS 59:22-24) dan al-Hadiid (QS 57:3)

Surat al-Ikhlash (QS 112) (3 kali)
Surat al-Falaq (QS 113)
Surat an-Naas (QS 114)

Tiada Tuhan selain Allah (10 kali) Muhammad adalah Utusan Allah, berkah dan kedamaian dari Allah swt baginya. Berkah dan kedamaian kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad (10 kali). Ya Tuhanku berikan shalawat dan kedamaian kepada Anbiya dan Mursalin dan seluruh keluarganya. Dan segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam

Kepada makhluk yang paling mulia di alam semesta, Sayyidina Muhammad
Kepada makhluk yang paling baik di alam semesta, Sayyidina Muhammad
Kepada makhluk yang paling sempurna di alam semesta, Sayyidina Muhammad

Shalawat Allah yang Maha Tinggi dan para Malaikat, Anbiya dan Mursalin dan seluruh ciptaan-Nya, kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad , semoga Kedamaian dan Rahmat Allah serta Berkah-Nya diberikan kepadanya dan kepada mereka. Semoga Allah Yang Maha Besar dan Maha Tinggi ridha dengan semua Guru kami, para sahabat Rasulullah dan kepada mereka semua yang mengikutinya dengan sempurna. [Semoga Allah ridha] terhadap Imam ijtihad yang terdahulu, para ulama dan orang-orang yang bertaqwa dan Awliya dan orang-orang yang saleh, terhadap Masyaikh kami di tariqat Naqshbandi yang mulia. Semoga Allah mensucikan roh-roh mereka yang suci, dan menerangi makam mereka yang penuh berkah. Semoga Allah mengembalikan berkah mereka dan keutamaan yang melimpah kepada kami, selalu. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam, Al-Faatihah

Ihda :
Ya Allah sampaikanlah pahala dari apa yang telah kami baca dan cahaya yang telah kami peroleh, sebagai hadiah dari kami kepada ruh Nabi Muhammad dan kepada seluruh ruh Anbiya dan Awliya khusunya untuk ruh Imam tariqat, Ghawth al-khaliqah Shah Khwaja Bahauddin Naqshband Muhammad al-Uways al Bukhari dan kepada Tuan kami Syaikh ‘Abdullah Fa’iz ad Daghestani dan Tuan kami dan Sultan dari Awliya, Syaikh Muhammad Nazim al Qubrusi al Haqqani dan junjungan para guru dan guru dari guru-guru kami dan para sidiqqin, Al-Faatihah

q

Tidak ada komentar: